KUALITAS SARANA DAN PRASARANA PADA MADRASAH ALIYAH DI KALIMANTAN TIMU

Abd. Rahman Arsyad

Abstract


Penelitian dilaksanakan di Kalimantan Timur dengan menggunakan metode Deskriptif Eksploratif dengan tujuan mengungkap dan menggambarkan kondisi kualitas sarana dan prasarana Madrasah Aliyah (MAN, MAS (yayasan dan pontren). Hasil penelitian, Kualitas sarana prasarana Madrasah Aliyah Kalimantan Timur secara keseluruhan ketercapaian standar nasional pendidikan (SNP) terkategori Tinggi. Namun sebaliknya, kondisi sarana prasarana MAS (yayasan dan pontren) masih sangat terbatas khususnya pada aspek ketersediaan lahan, bangunan, ruang kelas, laboratorium dan perpustakaan serta penunjang lainnya yang merupakan hal penting dalam kebutuhan proses kegiatan belajar mengajar. Pihak pengelola madrasah dalam melangsungkan proses belajar mengajar hanya mengkondisikan fasilitas yang ada.

Ketercapaian kualitas sarana prasarana MAN terbilang mendekati standar nasional pendidikan sedangkan MAS (yayasan dan pontren), masih memerlukan usaha dan perhatian pemerintah, guna memenuhi kebutuhan (fasilitas) agar pelaksanaan proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan efesien.

Salah satu keberhasilanlembaga pendidikan Islam dalam menyelenggarakan proses pendidikan,apabila ditunjang/didukung olehsarana prasarana dan mampu bersinergiserta membangun komunikasi pada lembaga/pemerintah dan masyarakat

Full Text:

PDF

References


Abd. Rahman S, 2004, Madrasah Dan Pendidikan Anak Bangsa, Visi dan Misi, Aksi. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Azhari, Akyas, 2004. Psikologi Umum dan Perkembangan. Cet.I. Jakarta: Mizan Publik

BPS, 2014, Kota Bontang Provinsi Kalimantan Timur.

Cece Wijaya dkk, 1992, Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan dan Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dede Rosyada, 2004, Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta, Kencana.

Djamarah, dkk. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Cet.II. Jakarta: Asdi Mahasatya

Gatot Harmanto,2008, 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Geografi untuk SMA/MA: Ringkasan Materi X, XI, dan XII.(Bandung: Yrama Widya)

Lampiran Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019 Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional 2014 Buku II Agenda Pembangunan Bidang,

Lampiran Keputusan Menteri Agama Republik IndonesiaNomor 39 Tahun 2015TentangRencana Strategis Kementerian Agama Tahun 2015 – 2019,

Lampiran Keputusan Menteri Agama Republik IndonesiaNomor 39 Tahun 2015TentangRencana Strategis Kementerian Agama Tahun 2015 – 2019,

Lampiran Keputusan Menteri Agama Republik IndonesiaNomor 39 Tahun 2015TentangRencana Strategis Kementerian Agama Tahun 2015 – 2019,

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 Tanggal 28 Juni 2007 Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)

Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cet.V. Jakarta: Rineke Cipta

Mulyasa E, 2007, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung. PT. Remaja Karya

Murniati A.R, 2008, Manajemen Stratejik Peran Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan. Bandung, Cipta Pustaka.

Moedjiarto, 2001, Sekolah Unggul;Metodologi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta, Duta Pustaka.

Nugroho Riat, 2006, Kebijakan Publik untuk Negara-negara Berkembang, Model-model Perumusan, Implementasi dan Evaluasi, Jakarta, PT. Alex Media Kompotindo. Gramedia

Priadi Surya, 2012, DisertasiPemetaan Pendidikan(Education Mapping) Sebagai Dasar Meningkatkan Layanan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta (Priadisurya@Uny.Ac.Id)

Rohiat, 2009, Manajemen Sekolah Teori Dasar Dan Praktek. Bandung, Refika Aditama.

Sudarwan Danim, 2002, Inovasi Pendidikan: Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung, Pustaka Setia.

Sugioyono, 2002, Manajemen Mutu Berbasis Sekolah, Yogyakarta, Fak.Teknik

Suharsimi Ariskunto, 1993, Organisasi Dan Administrasi Pendidikan Teknologi. Jakarta, PT. Grapindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

AL-QALAM Indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar

 

Copyright of Al-Qalam (e-ISSN 2540-895X p-ISSN 0854-1221). Powered by OJS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats