KUALITAS MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH DALAM PERSPEKTIF STANDAR PELAYANAN MINIMAL PENDIDIKAN

sumarsih anwar

Abstract


Madrasah Diniyah sebagai bagian dari pendidikan (Islam) di Indonesia keberadaannya sudah diakui dalam peraturan perundang-undangan. Konskuensinya adalah harus menyesuaikan dengan berbagai regulsi yang mengaturnya, salah satunya adalah Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 3201 tahun 2013, tentang Pedoman Standar Pelayanan Minimal Madrasah Diniyah TakmiliyahKesimpulan hasil penelitian tentang kualitas Madrasah Diniyah dalam perspektif standar pelayanan minimal pendidikan, adalah:  1) Para pengelola madrasah pemangku kebijakan dan berbagai pihak yang terlibat pada umumnya belum memahami tentang adanya Standar Pelayanan Minimal Madrasah Diniyah Takmiliyah (SPM MDT), baik itu yang berupa pedoman maupun substansinya; 2) Penyelenggaraan madrasah sebagian sudah sesuai dengan SPM MDT dalam aspek-aspek tertentu, dan sebagian belum sesuai dengan SPM MDT dalam aspek-aspek tertentu juga; 3) Ketiga; pihak yang berperan terhadap penyelenggaraan MDT adalah: Pemerintah Daerah,  Kementerian Agama Kota dan Pengawas, serta FKDT Kota Bogor.4) Faktor pendukung diantaranya adalah semangat dan motivasi para pengelola madrasah dan pemerintah daerah,  masyarakat sekitar dan ketercukupan jam mengajar 18 jam pelajaran. Sedangkan factor penghambatnya adalah kurangnya perhatian dari pemerintah (terutama Pemda/Walikota), keterbatasan buku pelajaran, kesejahteraan guru belum memadai, guru tidak sempat membuat RPP, kondisi orang tua yang lebih mementingkan pentingnya pendidikan formal, dan keterbatasan sarana prasarana dan biaya.

Keywords


Kualitas, MDT dan SPM Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Alkin, DC., 1969, Evaluation Theory Development: Evaluation Comment (New Bury Park LA: Sage Publishing).

Daulay, Haidar Putra. 2001. Historitas dan Eksistensi Pesantren Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Denzin, Norman K dan Yvona S. Lincoln (Eds). 1994. Handbook of Quality Research, California: SEG Publications

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, 2013. Pedoman Standar Pelayanan Minimal Madrasah Diniyah Takmiliyah. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Direktorat Jemderal Pendidikan Isalam, Kementerian Agama RI, 2013. Pedoman Manajemen dan Administrasi Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Direktorat Jemderal Pendidikan Isalam, Kementerian Agama RI, 2013. Standar proses Pengelolaan dan Penilaian Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Direktorat Jemderal Pendidikan Isalam, Kementerian Agama RI, 2013, Pedoman Kelompok Kerja Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Direktorat Jemderal Pendidikan Isalam, Kementerian Agama RI, 2013, Standar Isi dan Standar kompetensi Lulusan Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Direktorat Jemderal Pendidikan Isalam, Kementerian Agama RI, 2013. Pedoman Pengembangan Kurikulum Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Farida. Y. T, 1989, Evaluasi Program Depdikbud, Jakarta: Dikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Kependidikan.

Haedari, Amin. 2006. Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren dan Madrasah Diniyah. Jakarta : Diva Pustaka.

Ishom El Saha, 2008. Dinamika Madrasah Diniyah di Indonesia: Menelusuri Akar Pendidikan Non Formal. Jakarta: Pustaka Mutiara.

Kementerian Agama, Kantor Wilayah Propinsi Jawa Barat, 2010. Kurikulum Diniyah Takmiliyah Awaliyah (Standar Isi) di Propinsi Jawa Barat.

Laporan Penilaian Hasil Belajar Kediniyahan SD Al-Ghazaly Bogor.

Peraturan Pemerintah nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagaman

Peraturan Menteri Agama nomor 13 tahun 2014 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan

Proposal Izin Operasional Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Ghazaly, Bogor, 2014

Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional, 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Rosyadi, Abdul Rahmat. Implementasi Kebijakan Pendidikan Diniyah Takmiliyah, https://pronulis.wordpress.com/2014/11/28/implementasi-kebijakan-pendidikan-diniyah-takmiliyah-studi-kasus-di-kabupaten-bogor/ diakses tanggal 13 Februari 2015

Scriven. M, Standart for Evaluation of Educational Programs and Products in G.D. Borich (Edo) Evaluation of Educational Programs and Products (Engelwood Cliffs: MJ Educational Technology Publication), 1974.

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-undang Nomor 32 tahun 2005 tentang Pemerintah Daerah

Yusuf, Choirul Fuad. 2006. Inovasi Pendidikan Agama dan Keagamaan. Jakarta: Departemen Agama RI.

Zen, Abdulah, 2011. Dampak Manajemen Pendidikan Terhadap Minat Belajar dan Pendidikan Keberagamaan Siswa di MDA al Muttaqien Kedungdawa Kedawung Cirebon. Tesis. IAIN Syeh Nurjati.

http://www.anekamakalah.com/2013/03/hakikat-madrasah-diniyah.html diakses pada tanggal 10 Februari 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

AL-QALAM Indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar

 

Copyright of Al-Qalam (e-ISSN 2540-895X p-ISSN 0854-1221). Powered by OJS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats