EFISIENSI PEMBELAJARAN PAI MELALUI KEGIATAN PERBAIKAN KINERJA BERKELANJUTAN PADA KELOMPOK KEGIATAN GURU PAI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Muhammad Yusuf Tahir

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan kinerja pembelajaran guru melalui program Perbaikan Kinerja Berkelanjutan (PKB) pada Kelompok Kegiatan Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Masalah penelitian yang diajukan terkait dengan bagaimana meningkatkan kinerja pembelajaran guru pada kelompok guru sasaran melalui pendampingan PKB. Penelitian dilakukan dengan menerapkan metode action research yang didesain mengikuti siklus plan (merencanakan), do (melakukan) dan see (mengamati) yang secara operasional diimplemenasi secara bergilir pada 3 (tiga) sekolah berbeda: SDN Kompleks Pemda Makassar, SDN Kompleks IKIP 1 Makassar dan SDN Inpres Aroeppala Makassar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengorganisasian PKB pada KKG PAI efektif mendorong motivasi guru untuk merubah cara pandangnya terhadap pembelajaran; (2) pengorganisasian PKB pada KKG PAI efektif mendorong perbaikan kinerja pengelolaan kelas; (3) pengorganisasian PKB pada KKG PAI efektif mendorong perbaikan kinerja pengelolaan bahan pembelajaran, dan (4) pengorganisasian PKB pada KKG PAI efektif mendorong kinerja evaluasi pembelajaran. Penelitian ini berimplikasi pada peningkatan motivasi, komitmen professional dan kinerja pembelajaran guru di dalam kelas.

Keywords


guru, kinerja guru, kinerja berkelanjutan, pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Alwasliyah, A. Chaedar. 2011. Pokoknya Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.

Anderson, N. H. 1984. “Performance=Motivation and x Ability: An Integration Theoritial Analysis” dalam Journal of Personality and Social Psychology. 598-604.

Clayden, et all. 2003. “Authentic Activity and Learning” dalam Anna Craft (ed), Primary Education: Assessing and Planning Learning. New York: Routledge.

Cummings, William K. 2000. “How Educational Form and Reform” dalam Joseph Zajda dan Macleans A. Geo-Jaja (eds), The Politics of Educational Reforms. New York: Springer.

Denzin, Norman, et.all. 2009. Handbook of Qualitatif Research. California: Sage Publication.

Fullan, Michael. 2007. The New Meaning of Educational Change. New York: Columbia University Press.

________. 2007. “Educational Reform as Continous Improvement” dalam Hawley, Willis D. (ed). 2007. The Keys to Effective Schools: Educational Reform as Continous Improvement. London: Corwin Press.

Kirby, Sheila Nataraj; at all. 2004. Reforming Teacher Education. California: Rand Corporation.

McClelland, D. C. Winter. 1972. Motivation Economic Achievement. New York: The Free Press.

McKenzie, Walter. 2005. Multiple Intelligencies and Instructional Technology. Washington: International Society for Technology in Education.

Miarso, Yusuf Hadi. 2009. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.

Mikkelsen, Britha. 2011. Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya Pemberdayaan (Terj). Jakarta: Yayasan Obor.

Mitrani, et al. 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia Berdasarkan Kompetensi. Jakarta: Pustaka Utama Graffiti.

Musfah, Jejen. 2015. Manajemen Pendidikan: Teori, Kebijakan dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Laerning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

UNESCO: Global Thematic Consultation on Education and the Post-2015 Development Framework. “Making Education for All a Reality”. Beyong 2015 Position Paper. March 2013.

Uno, Hamzah B. 2012. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Weigel, Margaret, et al. 2010. “New Digital Media and Their Potential Cognitive Impact on Youth Learning” dalam Myint Swe Khine dan Isa M. Saleh. New Science of Learning. New York: Springer.

Yusuf T., M. 2015. “Literasi Pengetahuan dan Implikasinya terhadap Keterampilan Menulis”. Jurnal Lentera Pendidikan, Vol. 18 No. 2, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v22i2.352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar

Office

  

address icon red

 Jalan Andi Pangeran Pettarani, District Makassar, No 72, Pos Code: 90222, Gedung Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar, City Sulawesi Selatan, Indonesia  
  jurnalalqalam@kemenag.go.id 
  http://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam 
  Phone: +62 81356100100
Fax: +62 411452982
 
 

Indexed by :

        

  

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats