PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI DIKOTARAJA PROVINSI PAPUA

Nasrun Karami Alboneh

Abstract


Penelitian pendidikan agama bagi anak difabel di SLB bertujuan untuk menjawab dan memberikan
solusi dari tiga permasalahan, yakni pertama, tentang realitas kompetensi pendidik yang mengajarkan
pendidikan agama, kedua, proses pembelajaran pendidikan agama Kristen, dan ketiga, faktor pendukung
dan penghambat pendidikan agama di SLB. Studi ini dilakukan di SLBN Kotaraja dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan pengamatan model pembelajaran individu sederhana terhadap pengelolaan
kelas pada pelajaran pendidikan agama. Hasil dari studi ini menemukan bahwa tenaga kompetensi
pendidik yang berlatarbelakang agama tidak memiliki kompetensi ke-PLB-an, karena itu perlu adanya
perhatian yang besar bagi pemerintah dalam mengadakan tenaga pendidik, khususnya pendidikan
agama, atau melakukan pendidikan dan pelatihan bagi tenaga pendidik yang berlatarbelakang ke-
PLB-an dengan model-model pembelajaran pendidikan agama. Selain itu, proses pembelajaran harus
diperhatikan jenis difabel peserta didik untuk mengefektifkan proses pembelajaran pendidikan agama,
model klasikal dengan menggabungkan dalam satu kelas tidak efektif dan efisien. Perlunya reformulasi
model-model pembelajaran pendidikan agama, termasuk kaitannya dengan pembuatan rencana
pembelajaran yang lebih realistis.


Keywords


model pembelajaran, pendidik, difabel, Papua

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi

Anak Berkesulitan Belajar,]ak.arta, Depdikbud

Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan

Tenaga Akademik, Rhineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. 2011; Kotajayapura dalam

angka 2012

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi

Aksara.

Hallahan, D.P. & Kauffman, J.M. 2006. Exceptional

Learners: Introduction to Special Education

th ed. USA: Pearson.

Hartono, Bambang. 2010. Pelaksanaan Pendidikan

Agama di Sekolah Luar Biasa, Kajian di tiga

Propinsi di Indonesia: Kalimantan Barat, Bali,

dan Nusa Tenggara Timur. Semarang. Balai

Litbang Agama Semarang.

Masud, Abdurrahman. 2005. Menuju Paradigma

Islam Humanis, Yogyakarta: Gama Media

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi,

Konsep, Karakteristik, dan Implementasi.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munandar, Utama. 1999. Pengembangan Kreativitas

Anak berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mustaqim dan Abdul Wahid. 2003. Psikologi

Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nuhamara, Daniel. 2009. Pembimbing Pendidikan

Agama Kristen, Bandung: Jurnal Info Media.

Nur'aeni. 1997. Intervensi Dim Bagi Anak Bermasalah.

Jakarta: Rineka Cipta.

Pengembang Ilmu Pendidikan UPI. 2007. Ilmu dan

Aplikasi Pendidikan, Bagian 2 Ilmu Pendidikan

Praktis, Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif,

Bandung, Alfabeta.

Suparno. 2007. Pendidikan Anak Berkebutuhan

Khusus, Bahan Ajar Cetak, Direktorat Jenderal

Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan

Nasional, Jakarta

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang

Sistem Pendidikan Nasional 2003, Jakarta:

Cemerlang

Uno, Hamzah B. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi

Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Widianingsih, Kastiatun dan Endang Poerwati. 2007.

Hakekat Anak Berkebutuhan Khusus, Tanpa

penerbit.




DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v20i3.346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar

Office

  

address icon red

 Jalan Andi Pangeran Pettarani, District Makassar, No 72, Pos Code: 90222, Gedung Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar, City Sulawesi Selatan, Indonesia  
  jurnalalqalam@kemenag.go.id 
  http://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam 
  Phone: +62 81356100100
Fax: +62 411452982
 
 

Indexed by :

        

  

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats