KONSTRUKSI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN SPIRITUAL UNTUK PERBAIKAN KARAKTER

Muhammad Yaumi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi objektif pelaksanaan pembelajaran yang
mengintegrasikan nilai-nilai karakter, mengungkap konstruksi model pembelajaran berbasis kecerdasan
spiritual untuk perbaikan karakter, dan mendeskripsi model perbaikan karakter melalui program
pembelajaran berbasis kecerdasan spiritual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.
Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi partisipan dalam bentuk partisipasi moderat,
pedoman wawancara kelompok fokus dan lembar 'checklist' dokumen. Analisis data dalam penelitian
ini menggunakan analisis data kualitatif dengan merujuk pada tiga tahap analisis, seperti reduksi data,
sajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model integrasi
nilai-nilai karakter dalam pembelajaran dapat dilakukan melalui integrasi pengetahuan konten, proses
pembelajaran, lingkungan belajar, kegiatan ekstrakurikuler, dan pemberdayaan budaya dan stuktur sosial
dalam lingkungan sekolah. Model pembelajaran berbasis kecerdasan spiritual mencakup penentuan
strategi implementasi, prosedur penerapan, integrasi tugas, pengawasan pelaksanaan, dan evaluasi
proses dan hasil. Perbaikan karakter dilakukan melalui Baca Tulis Alquran, Taman Baca Sekolah, dan
Kantin Kejujuran.


Keywords


desain pembelajaran, pendidikan karakter, kecerdasan spiritual

Full Text:

PDF

References


Armstrong, Thomas. 2009. Multiple Intelligences in

the Classroom, 3r d Edition, USA: ASCD.

Azizi, Maral. 2013. The Relationship between

Spiritual Intelligence and Vocabulary

Learning Strategies in EFL Learners. Theory

and Practice in Language Studies, Vol. 3, No.

, pp. 852-858, May.

Baharuddin, Elmi dan Ismail, Zainab. 2013.

Hubungan Kecerdasan Rohaniah Warga Tua

dengan Amalan Agamadi Rumah Kebajikan.

Islamiyyat 35(1): 19 - 28.

Connell, J Diana. 2005. Brain Based Strategies to

Reach Every Learner: Surveys, Questionnaires,

and Checklists that Help You Identify Students'

Strengths—Plus Engaging Brain- Based

Lessons and Activities, USA: Scholastic Inc.,

Dewantara, Ki Hajar. 1977. Pendidikan, Cetakan

Kedua. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan

Taman Siswa.

Gardner, Howard. 1999. Intelligence Reframed, New

York: Basic Books.

Hancock, Beverley. 2002. An Introduction to

Qualitative Research. Nottingham: University

of Nottingham.

http://mitrafm.com/blog/2008/12/15/kecerdasanspiritual-

menentukan-jati-diri (Diakses

Tanggal 21 November, 2014).

Isfahani, Ali Nasr dan Nobakht, Marzieh. 2013.

Impact of Spiritual Intelligence on the

Staff Happiness (Case Study: Golpayegan

Petrochemical Company). International

Journal of Academic Research in Business and

Social Sciences, July, Vol. 3, No. 7.

Jeloudar, Soleiman Y., dan Goodarzi, Fatemeh L.

What Is the Relationship between

Spiritual Intelligence and Job Satisfaction

among MA and BA Teachers? International

Journal of Business and Social Science. Vol. 3

No. 8, Special Issue - April.

Maimun, Agus. 2008. Pembelajaran Nilai di Sekolah

Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 10

No.l, April.

Miles, Matthew B. dan Huberman, A Michael. 1994.

Qualitative Data Analysis, Second Edition.

California: Sage Publication, Inc.

Mitrafam. 2014. Kecerdasan Spiritual Menentukan

JatiDiri. Online:

Mosaybian, Nafiseh dan Araghizade, Asgar. 2014.

Surveying the Effect of Spiritual Intelligence

on Employee Empowerment. Arabian Journal

of Business and Management. Review Vol. 3,

No.6 (a); February.

Nasri, Abdullah. 2011. Manusia, Ruh dan Al-Quran.

Online: http://www.al-shia.org/html/id/

quran/buku-dan/12.htm (Diakses Tanggal 21

November, 2014).

Prawiradilaga, Dewi, S. 2009. Prinsip Desain

Pembelajaran.: Instructional Design Principles.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Reigeluth, Charles M. dan Carr-Chellman, Alison

A. 2009. Instructional-Design Theories and

Models Volume III: Building a Common

Knowledge Base. New York: Routledge.

Snelbecker, Glenn E. 1974. Learning Theory,

Instructional Theory, and Psychoeducational

Design. New York: McGraw-Hill Book

Campany.

Yaumi, Muhammad. 2013. Pembelajaran Berbasis

Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences:

Mengidentifikasi dan Mengembangkan

Multitalenta Anak. Jakarta: Kencana Prenada

Media Group.

. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan,

Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Kencana

Prenadamedia Group.

|




DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v20i3.338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar

Office

  

address icon red

 Jalan Andi Pangeran Pettarani, District Makassar, No 72, Pos Code: 90222, Gedung Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar, City Sulawesi Selatan, Indonesia  
  jurnalalqalam@kemenag.go.id 
  http://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam 
  Phone: +62 81356100100
Fax: +62 411452982
 
 

Indexed by :

        

  

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats