ABDUL GAFUR: KETERLIBATAN ULAMA SASAK DALAM JARINGAN ULAMA (1754-1904)
Abstract
TGH. Abdul Gafur adalah salah seorang tuan guru yang berpengaruh pada masanya. Ia telah terlibat dalam jaringan ulama Haramain dan Nusantara pada abad ke 18 Masehi, hal ini terlihat pada hubungan antar dirinya dengan beberapa gurunya di Makkah dan murid-muridnya di tanah air. TGH. Abdul Gafur oleh pengikut dan keturunannya biasa dipanggil dengan sebutan Syekh Abdul Gafur sementara di kalangan keluarga raja Bali-Cakra ia dikenal sebagai Dukuh Gafur. Seperti halnya dengan beberapa da’i sebelumnya yang mengajarkan Islam di Lombok adalah keturunan Jawa. Ia adalah keturunan dari Jawa, orang tuanya berasal dari kota wali Demak Jawa Tengah, lahir pada pertengahan abad ke-18 tepatnya pada tahun 1754 M, dan meninggalnya pada awal abad ke-20, yaitu tahun 1904, jadi umurnya 150 tahun. Abd Gafur dimakamkan di Sumbek, samping kanan mesjid kuno Sumbek. Mesjid Kuno Sumbek adalah masjid dengan arsitektur kuno masjid Nusantara yang dibangun oleh Abdul Gafur.
Beberapa pemikiran dari TGH. Abdul Gafur antara lain: menurutnya bahwa bahwa hukum Islam terdiri dari dari tiga bagian (dalam kitab yang ditulis Us}u>l al-Tah{qi>q). Kitab ini menguraikan tentang pembagian hukum, menurutnya hukum itu ada tiga yaitu, 1) hukum akal, hukum yang disandarkan kepada akal pikiran; 2) hukum syara’, hukum yang disandarkan kepada syar’i; 3) hukum adat, hukum yang didasarkan pada adat atau kebiasaan yang terjadi di masyarakat.Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, Dudung, Metode Penelitian Sejarah (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999).
Agung, Anak Agung Ketut, Kupu-kupu Kuning yang Terbang di Selat Lombok: Lintasan Sejarah Kerajaan Karangasem,1661-1950 (Denpasar: Upada Sastra, 1991).
Agung, Ide Anak Agung Gde, Bali Pada Abad XVIII (Yogyakarta: Gadjahmada University Press, 1989).
Agung, Ide Anak Agung Gde, Bali Pada Abad XVIII: Perjuangan Rakyat dan Raja-Raja Menentang Kolonialisme Belanda 1808-1908 (Yogyakarta: Gadjahmada University Press, 1989).
Ambari, Hasan Muarif, Menemukan Peradaban:Jejak Arkeologis dan Historis Islam Indonesia,(Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998).
Azra, Azyumardi, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII: Akar Pembaruan Islam Indonesia (Jakarta: Kencana, 2004).
Bruinessen, Martin van, Tarekat Naqsabandiyah di Indonesia (Jakarta: Mizan, 1992).
Budiwanti, Erni, Islam Sasak: Wetu Telu Versus Waktu Lima (Yogyakarta: LKiS, 2000)
Button, Sir Richard Prancis, Personal Narrative of a Filgrimage to al-Madinah & Meccah (New York: Courier Dover Publications, 1964).
Daya, Burhanuddin, Gerakan Pembaharuan Pemikiran Islam (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1990).
Handayani, Usri Indah, et al., Peninggalan Sejarah dan Kepurbakalaan Nusa Tenggara Barat (Mataram: Depdikbud Kanwil NTB Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman NTB, 1997).
Ismawati et al. Continuity and Change, Tradisi Pemikiran Islam di Jawa Abad XIX-XX (Jakarta: Badan Litbang & Diklat Departemen Agama RI, 2006).
Jamaluddin, Islam Sasak: Sejarah Sosial Keagamaan Masyarakat Sasak Abad XVI-XIX, tesis (Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2004).
Jamaluddin, H>{aflat al-Mawlid al-Nabawi wa-Qira>’at Kitab al-Barzanji fi Mujtama’ Sasak: Manz}u>ra>t Ta>rikhi>yah, Studia Islamika, Vol.18, Number 2, 2011.
----------, Persepsi dan Sikap Masyarakat Sasak terhadap Tuan Guru (Yogyakarta: CRCS-Sekolah Pascasarjana UGM-Depag RI, 2007).
----------, Pertumbuhan dan Perkembangan Islam di Lombok Selatan: Sebuah Pendekatan Arkeologi Sejarah (Mataram: Lemlit IAIN Mataram, 2007).
----------, Sejarah Sosial Islam di Lombok: Studi Kasus Terhadap Tuan Guru (Jakarta: Balitbang dan Diklat Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan, 2011).
----------, Tuan Guru dan Dinamika Politik Kharisma dalam Dialektika Teks Suci Agama: Strukturasi Makna Agama dalam Kehidupan Masyarakat, Irwan Abdullah (ed.), et al. (Yogyakarta: Sekolah Pascasarjana UGM dan Pustaka Pelajar, 2008).
Kayo, H.M.D. Datuk Palimo, Sejarah Perguruan Thawalib Padang Panjang (Sumatera Barat: Yayasan Thawalib, 1970).
Knappert, Jan, Swahili Islamic Poetry (Leiden: Brill, 1971), jilid 1 dan jilid 3.
Latif, Yudi, Inteligensia Muslim dan Kuasa: Geneologi Inteligensia Muslim Indonesia Abad ke-20 (Jakarta: Pustaka Mizan, 2005).
Mansur, Zainuddin, “Tradisi Maulid Nabi Dalam Masyarakat Sasak” dalam Jurnal Ulumuna, Volume IX Edisi 15, nomor 1, Januari-Juni 2005.
Moesa, Ali Machsan, Nasionalisme Kiai: Konstruksi Sosial Berbasis Agama (Yogyakarta: LKiS, 2007).
Mulkhan, Abdul Munir (ed.), Moral Politik Santri: Agama dan Pembelaan Kaum Tertindas (Jakarta: Erlangga, 2003).
Mustofo, M. Habib, Kebudayaan Islam di Jawa Timur: Kajian Beberapa Unsur Budaya Masa Peralihan (Jakarta, Jendela, 2001).
Parimarta, I Gde, Perdagangan dan Politik di Nusa Tenggara Barat 1815-1915 (Jakarta: Djambatan, 2000).
Poesponegoro, Marwati Djoened, dan Nugroho Notosusanto, (ed.) Sejarah Nasional Indonesia, Jaman Pertumbuhan dan Perkembangan Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia (Jakarta: PT Balai Pustaka, 1992).
Purwadi, Jejak Para Wali dan Ziarah Spritual (Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2006).
Rowi, Mufid, Mengenal Guru-Guru Thareqat Naqsyabandi. Posted by Quantum Illahi, 23 Februari 2009.
S. Cederroth, Socio-Religious Changes in Sasak Muslim Women dalam Muslim Feminism and Feminist Movement South-East Asia, by Abida Samiuddin, R. Khanam, ed. (India: Global Vision Publishing House, 2002).
Smith, Cyril Glasse Huston, The New Encyclopedia of Islam (London: Roman Altamira, 2003).
Syakur, Ahmad Abd., Islam dan Kebudayaan Sasak: Studi Tentang Akulturasi Nilai-Nilai Islam ke Dalam Kebudayaan Sasak, disertasi (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2002).
Tim, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1999), cet ke-9.
Tjandrasasmita, Uka, Kajian Naskah Klasik dan Penerapannya Bagi Kajian Sejarah Islam di Indonesia (Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan Badan litbang dan Diklat Departemen Agama RI, 2006).
Turmuzi, Endang, Perselingkuhan Kiai dan Kekuasaan (Yogyakarta: LKiS, 2004).
Turner, Bryan S., Weber And Islam, terj. Menggugat Sosiologi Sekuler, oleh Mudhofir Abdullah (Yogyakarta: Suluh Press, 2005).
Umar, Nasaruddin, Kyai Multitalenta: Sebuah Oase Spiritual KH Tholhah Hasan (Jakarta: Kerjasama Al-Gazali Center dengan Liska Fariska Putra, 2006).
Wacana, Lalu, Sejarah Daerah Nusa Tenggara Barat (Mataram: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2002), cet. ke-3.
Wacana, vol. 9 no. (2007).
Westermarck, Edward Alexander, Ritual and Belief in Morocco (New York, 1968) Vol. I.
NASKAH, ARSIF.
“Kitab Pelinduran”dikoleksi oleh keluarga Raden Garim.
al-Tah{qi>q, berbahasa Arab dan Melayu, hurup Arab, berbahan kertas Eropa ada Watermarknya, dikoleksi oleh H.M. Ali Masnun Sumbekah, tt.
Arsip lembaran-lembaran tentang biografi Abdul Gafur yang diberikan oleh keturunan TGH. Abdul Gafur.
Kitab Wariga, yang dikoleksi oleh Rudani Rembitan.
Perhitungan Bulan dan Tahun dikoleksi oleh Lalu Gine.
TGH. Abdul Gafur, Kita>b al-Barzanji>. dikoleksi oleh keluarganya H.M. Ali Masnun Sumbekah.
TGH. Abdul Gafur, Kita>b al-Mi‘ra>j, dikoleksi oleh keluarganya H.M. Ali Masnun Sumbekah.
TGH. Abdul Gafur, Kita>b al-Tauh{i>d, berbahasa Melayu, hurup Arab, kertas wathermark (kertas Eropa), dikoleksi oleh H. M. Ali Masnun Sumbekah, tt.
TGH. Abdul Gafur, Sifat Dua Puluh.
TGH. Abdul Gafur, Us}u>l al-Tahkiq .
DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v22i1.307
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Office
![]() | Jalan Andi Pangeran Pettarani, District Makassar, No 72, Pos Code: 90222, Gedung Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar, City Sulawesi Selatan, Indonesia | ||||
![]() | jurnalalqalam@kemenag.go.id | ||||
![]() | http://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam | ||||
![]() | Phone: +62 81356100100 Fax: +62 411452982 | ||||
Indexed by :