MENGUKUHKAN PESANTREN SEBAGAI BASIS PEMBELAJARAN KITAB KUNING: PP. Salafiyah Al Falah Ploso Kediri Jawa Timur

Faridah Hanum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pendidikan di pesantren Al Falah Ploso, dan faktorfaktor
yang mempengaruhi kualitas pengajaran kitab kuning di pesantren Al Falah Ploso. Metode yang
digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: Pondok Pesantren Al Falah telah
melakukan inovasi sistem pendidikan dari sistem tradisional (non klasikal) berupa pengajian sorogan
dan wetonan, kemudian ditambahkan dengan sistem pendidikan klasikal (Madrasah Ibtidaiyah,
Tsanawiyah dan Aliyah, serta Riyadlotut Tolabah). Kedua, faktor penunjang penguasaan kitab kuning:
komitmen kyai yang tinggi, kompetensi ustadz, input santri yang berkualitas, efektifitas kurikulum yang
digunakan, tingginya kitab-kitab kuning yang digunakan, sarana dan dana yang menunjang.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v19i1.221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar

Office

  

address icon red

 Jalan Andi Pangeran Pettarani, District Makassar, No 72, Pos Code: 90222, Gedung Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar, City Sulawesi Selatan, Indonesia  
  jurnalalqalam@kemenag.go.id 
  http://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam 
  Phone: +62 81356100100
Fax: +62 411452982
 
 

Indexed by :

        

  

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats