IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MAN MODEL MANADO

Rosdiana Muas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter pada tataran sosialisasi
yang dilakukan baik oleh Kemenag (Mapenda), Diklat Keagamaan Manado, Pengawas Madrasah, dan
MAN Model Manado, serta proses pengimplementasian pendidikan karakter, faktor pendukung dan
penghambat dalam pengimplementasiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pada
tataran pengambil kebijakan telah dilakukan, pendidikan karakter telah diintegrasikan pada kurikulum
melalui mata pelajaran dan kegiatan pengembangan diri (ekstrakurikuler). Di antara kendala dalam
pendidikan karakter yakni kesiapan guru dalam teknik impelementasi pendidikan karakter masih sangat
kurang serta wadah guru untuk mengkomunikasi berbagai hal termasuk pendidikan karakter secara
teknis sangat diperlukan untuk menjalin jejaring kerja antar guru dan antar lembaga. Peningkatan
kompetensi guru menjadi keharusan mengingat pentingnya pendidikan budaya dan karakter bagi
siswa, baik dalam bentuk diklat, workshop, atau seminar.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v20i2.194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :