REALITAS PENDIDIKAN AGAMA KHONGHUCU PADA TINGKAT SD DI KOTA PEKALONGAN JAWA TENGAH

A.M. Wibowo

Abstract


Penelitian ini berusaha menemukan pola-pola proses pendidikan Agama Khonghucu bagi peserta didik
sekolah dasar di Kota Pekalongan Jawa Tengah. Proses pendidikan yang dimaksud meliputi kurikulum
pendidikan agama Khonghucu, kompetensi guru, proses pembelajaran, serta hambatan-hambatan
pelaksanaan pendidikan agama Khonghucu di sekolah dasar. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif
penelitian ini berhasil menemukan 4 pola pelaksanaan pendidikan agama Khonghucu pada jenjang
sekolah dasar. Pertama, pendidikan agama Khonghucu telah dilaksanakan pada dua sekolah dasar yaitu
SDN Sampangan 02 dan SD Satyawiguna. Kedua, secara kualifikasi akademik dan standar kompetensi guru
pendidikan agama Khonghucu belum mengacu dengan dipersyaratkan pemerintah dalam permendiknas
No 16 tahun 2007 tentang kompetensi guru. Ketiga, kurikulum pendidikan agama Khonghucu yang
dilaksanakan pada sekolah dasar di Pekalongan menggunakan kurikulum yang disusun oleh Majelis Tinggi
Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) dan tidak mengacu KTSP. Keempat, ditemukan enam faktor
penghambat dalam pelaksanaan pendidikan agama Khonghucu pada tingkat sekolah dasar yaitu kualifikasi
guru, perangkat pembelajaran yang tidak memadahi, proses pembalajaran yang monoton, ketidakmampuan
guru pendidikan agama Khonghucu untuk bergaul dan sharing pendapat dengan pimpinan dan teman
sejawat, monitoring pimpinan sekolah dan Majelis agama Khonghucu (MAKIN) yang belum maksimal,
serta ketiadaan buku pelajaran bagi siswa Khonghucu.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v20i2.183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :