Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Al-Qalam?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

  1. Artikel ditulis dengan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dalam bidang kajian keagamaan yang meliputi Kehidupan Keagamaan, Pendidikan Agama dan Keagamaan, serta Lektur dan Khazanah Keagamaan
  2. Artikel ditulis dengan kaidah tata bahasa dan kosa kata bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang baku, baik, dan benar. Hindari penggunaan ungkapan lisan yang tidak sesuai dengan jalur bahasa ilmiah. Agar memfasilitasi para editor penulis diharapkan menggunakan spelling check
  3. Artikel minimal 3500 kata dan tidak boleh melebihi 8000 kata
  4. Sistematika penulisan, agar jelas dan tidak meragukan penjenjangan judul artikel ditandai sebagai berikut:
  5. Judul ditulis dengan huruf kapital semua di bagian tengah atas pada halaman pertama.
  6. Sub Bab Peringkat 1 ditulis dengan huruf pertama besar di bagian tengah halaman.
  7. Sub Bab Peringkat 2 ditulis dengan huruf besar-kecil rata tepi kiri.
  8. Sistematika hasil penelitian adalah: judul; untuk semua penulis artikel: nama lengkap (tanpa gelar akademik); nomor telepon dan alamat institusi, alamat email, abstrak (maksimum 250 kata dalam bahasa Indonesia dan 150 kata dalam bahasa Inggris) yang berisi tujuan, metode, dan hasil penelitian; 4-5 kata kunci; pendahuluan (tanpa sub judul) yang berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka, dan tujuan penelitian; metode; pembahasan merupakan hasil penelitian dan gambaran lokus serta analisa dan interpretasi penulis; penutup berisi kesimpulan hasil dari pembahasan yang menjawab permasalahan penelitian, penulisan kesimpulan harus naratif bukan dalam bentuk pointer; ucapan terima kasih, dan daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk.

 

Judul

  • Judul harus ringkas (6-9 kata). Hindari menggunakan kata seperti ‘analisis’, ‘studi’, ‘kajian’, ‘penelitian’, ‘pengaruh’ dan lain sebagainya.
  • Judul mencerminkan isi artikel. Jangan menggunakan judul yang dapat menyesatkan atau berbau sastra

Abstrak

Abstrak ditulis satu paragraf sebelum isi naskah. Abstrak dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak tidak memuat uraian matematis, dan mencakup esensi utuh penelitian, metode dan pentingnya temuan dan saran atau kontribusi penelitian.

 

Penulisan

  • Hindari menggunakan singkatan seperti dll, dst. krn. dsb. dan lain sebagainya.
  • Singkatan institusi dan lain sebagainya hendaknya ditulis lengkap pada pertama munculnya.
  • Jangan menggunakan huruf tebal, huruf yang digarisbawahi, atau huruf dengan tanda yang lain.
  • Kata dalam bahasa lain daripada bahasa yang digunakan dalam artikel dimiringkan.
  • Jangan miringkan kata yang ingin dititikberatkan. Kata yang dititikberatkan ditandai dengan tanda kutipan (“) sebelum dan setelah kata atau ungkapan yang ingin dititikberatkan.
  • Kutipan harus jelas di mana awal dan akhirnya. Kutipan diawali dan diakhiri dengan tanda kutipan tunggal (‘). Kutipan dalam kutipan diawali dan diakhiri dengan tanda kutipan rangkap (“).
  • Penulisan acuan menggunakan innote, contoh Abu Muslim (2013: 278) atau (Abu Muslim, 2013: 278).

 

Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih berisi wujud penghargaan terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam penelitian dan penyusunan artikel yang ditujukan kepada siapa saja yang patut diberikan ucapan terima kasih, baik secara lembaga/institusi, pemberi donor ataupun individu.

Daftar Rujukan

Daftar rujukan yang digunakan dalam penulisan artikel minimal 13 buku, dan dianjurkan pula merujuk jurnal nasional maupun internasional. Hindari rujukan dari internet yang tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Daftar rujukan ditulis sebagai berikut:

  • Nama penulis: nama keluarga dahulu disusul dengan nama pribadi. Kalau tidak ada nama keluarga, nama ditulis seadanya.
  • Tahun terbitan
  • Judul: judul buku ditulis dengan huruf miring. Judul artikel ditulis di antara tanda kutip (‘) disusul dengan koma dan tidak memakai huruf miring. Jurnal atau majalah atau buku dari mana artikel dirujuk ditulis dengan huruf miring.
  • Informasi tentang tempat dan nama penerbit.
  • Setiap rujukan berakhir dengan titik (.).

Contoh buku:

Wahid, Abdurrahman. 2006. Islamku Islam Anda Islam Kita. Agama Masyarakat Negara Demokrasi. Jakarta: The Wahid Institute.

 

Contoh artikel:

Budiman, Manneke. 2011. ‘Ethnicity and the performance of identity’, Wacana 13/2.

Ricklefs, M.C. 2008. ‘Religion, Politics and Social Dynamics in Java: Historical and Contemporary Rhymes’, dalam: Greg Fealy dan Sally White (eds) Expressing Islam. Religious Life and Politics in Indonesia. Singapore: Institute of Southeast Asian Studies.

 

  1. Tabel dan gambar
  1. Untuk tabel dan gambar (grafik) sebagai lampiran dicantumkan pada halaman sesudah teks. Sedangkan tabel atau gambar, baik di dalam naskah maupun bukan harus diberi nomor urut.
  2. Tabel atau gambar harus disertai judul. Judul tabel diletakkan di atas tabel sedangkan judul gambar diletakkan di bawah gambar.
  3. Sumber acuan tabel atau gambar dicantumkan di bawah tabel atau gambar.
  4. Garis tabel yang dimunculkan hanya pada bagian header dan garis bagian paling bawah tabel sedangkan untuk garis vertikal pemisah kolom tidak dimunculkan.
  5. Tabel atau gambar bisa diedit dan dalam tampilan berwarna yang representatif.
  6. Ukuran resolusi gambar minimal 300 dpi.

 

Petunjuk Submit Manuskrip Secara Online

Naskah manuskrip harus dikirimkan melalui salah satu cara berikut ini (cara yang kedua lebih diutamakan):

  1. Pengiriman naskah manuskrip sebaikmya dengan Online Submission System di portal (http://jurnalalqalam.or.id)
  2. Pertama Penulis mendaftarkan sebagai Penulis dan/atau Reviewer (mencentang role sebagai Author dan/atau Reviewer) di bagian “Register” atau alamat: http://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam/user/register
  3. Setelah Penulis login sebagai Author, klik di “New Submission”. Tahapan submit artikel terdiri dari 5 tahapan, yaitu: (1). Start, (2). Upload Submission, (3). Enter Metadata, (4). Upload Supplementary Files, (5). Confirmation
  4. Di bagian Start, pilih Jurnal Section (Full Article), centang semua ceklist.
  5. Di bagian Upload Submission, silakan unggah file manuskrip artikel dalam MS Word di bagian ini.
  6. Di bagian Enter Metadata, masukkan data-data semua Penulis dan afiliasinya, diikuti dengan judul dan abstrak, dan indexing keywords.
  7. Di bagian Upload Supplementary Files, diperbolehkan mengunggah file data-data pendukung atau surat pengantar atau dokumen lainnya.
  8. Di bagian Confirmation, silakan klik “Finish Submission” jika semua data sudah benar.
  9. Jika penulis kesulitan dalam proses pengiriman naskah melalui sistem daring, naskah manuskrip dapat juga dikirimkan melalui E-mail ke email Editorial Jurnal Teknik (alqalamjurnal@gmail.com ), namun demikian metode ini tidak direkomendasikan.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.